Rabu, 02 Maret 2016

Naik Kereta ke Bandara, Jokowi: Naik Transportasi Massal Harus Jadi Budaya


Naik Kereta ke Bandara, Jokowi: Naik Transportasi Massal Harus Jadi Budaya Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Kamis (3/3/2016). Foto: M Iqbal/detikcom
 
Deli Serdang - Presiden Joko Widodo memilih naik kereta api (Airport Railink Services) dari Kota Medan menuju Bandara Internasional Kualanamu dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jokowi bahkan membawa sendiri tiketnya di stasiun.

"Ya ini nantinya airport harus terkoneksi dengan transportasi massal, entah kereta api, LRT, trem, bus," kata Jokowi soal alasannya menggunakan kereta begitu sampai di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (3/3/2016).

Menurut Jokowi, pembangunan transportasi massal harus dari sekarang, terutama kota-kota besar di Indonesia. Meskipun dalam jangka 5-10 tahun setelah pembangunan, moda transportasi tersebut belum banyak diminati

"Karena ini kan membangun sebuah culture, budaya agar orang senang naik transportasi massal. Apalagi di kota besar yang sudah macet," ujarnya.

Jokowi menegaskan pemerintah sudah punya standar untuk pembangunan transportasi massal. Hanya saja perlu pengembangan perencanaannya.

"Yang mau selesai Lampung, Minangkabau Padang, dan tahun depan Soekarno-Hatta dan Palembang selesai. Yang lain juga akan sama seperti itu," kata Jokowi.

"Jangan semua pakai mobil pribadi ke airport, ndak itu. Harus diubah kultur itu, harus diubah. Semua kota terutama kota besar arahnya ke sana (transportasi massal)," tegas mantan Gubernur DKI itu,

Jokowi bertolak dari Kota Medan menuju Bandara Internasional Kualanamu dengan berkereta. Iring-iringan mobil Presiden Joko Widodo meluncur dari Hotel JW Marriot, Medan, tempat Jokowi menginap selama dua hari ini, menuju stasiun Medan yang berjarak hanya sekitar 10 menit.

Setibanya di stasiun Medan, sekitar pukul 09.45 WIB tadi, Jokowi menyempatkan meninjau layanan di stasiun Medan.  Jokowi lebih dulu mengecek penjualan tiket untuk mendapatkan tiketnya sendiri.

Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung, Menteri perhubungan Ignasius Jonan, Menteri PUPERA Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Kapolda Sumut Irjen Pol Ngadino, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen L Pusung.

Dari bandara Kualanamu, Jokowi terbang menuju Palembang dengan pesawat Kepresidenan untuk meninjau pembangunan LRT dan tol. Sekitar pukul 12.55 WIB Jokowi tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

sumber : http://news.detik.com/berita/3156621/naik-kereta-ke-bandara-jokowi-naik-transportasi-massal-harus-jadi-budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar