Rabu, 02 Maret 2016

Kereta Api Sumatera Barat


PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat adalah divisi regional (divre) kereta api yang mengoperasikan kereta api di seluruh wilayah provinsi Sumatera Barat.

Gambaran Umum

Divre ini merupakan wilayah layanan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang cukup kecil sebab hanya mengoperasikan satu kereta api penumpang reguler, yaitu KA Sibinuang. Namun, divre ini memiliki jalur rel bergerigi seperti yang ada di Ambarawa, yang beroperasi di daerah pegunungan. Namun jalur tersebut hanya dioperasikan untuk kepentingan pariwisata. Ada juga jalur kereta api yang melintasi pinggir danau Singkarak. Pemandangan alam dari jalur kereta api wisata sangat indah. Dahulu juga ada rel KA menuju Bukit Tinggi hingga Payakumbuh, namun sekarang jalur tersebut sudah tidak beroperasi dan kebanyakan relnya sudah hilang. Bekas relnya masih bisa dilihat pada pinggiran jalan raya lintas Pariaman-Bukit Tinggi-Payakumbuh. Sisa-sisa jembatannya juga masih terlihat.

Layanan Kereta Api

Kereta api Sibinuang di Stasiun Padang.

Kereta Api Penumpang dan Wisata

  • KA Sibinuang (Reguler), kelas Ekonomi AC (Padang - Pariaman)

Pengangkutan Barang

  • KA Semen dalam bentuk curah PT Semen Padang (Indarung - Teluk Bayur)
  • KA Klinker PT Semen Padang (Teluk Bayur-Indarung) Rencana
  • KA Pasir Pozzolan (Kayu Tanam-Indarung) Rencana

Stasiun kereta api

Penyimpanan, Perawatan, dan Perbaikan Kereta Api

Balai Yasa Padang

Balai Yasa (BY) merupakan institusi KAI di Divre II yang bersifat multifungsi untuk perawatan dan perbaikan lokomotif, kereta penumpang, dan gerbong barang. Terletak satu kompleks dengan Dipo Lokomotif Padang (PD).

Dipo Lokomotif Padang

Sebagaimana Daop atau Divre pada umumnya, pastinya memiliki dipo lokomotif ataupun sub-dipo. Dipo lokomotif Padang belum memiliki lokomotif CC, namun dipo ini memiliki lokomotif yang dapat dioperasikan di rel bergerigi dan satu-satunya divre yang mengoperasikan lok ini, yaitu BB204. Lokomotif yang ada di dipo ini contohnya BB306, BB303.

Dipo Gerbong

  • Bukitputus (BKP)
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Divisi_Regional_II_Sumatera_Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar